Kapusdiklat BKPM Hadir Membuka Pelatihan PTSP Pola BIP Provinsi Jawa Tengah dengan Kab. Magelang

Semarang – (29/11/2022) Pembagian Kewenangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupate/kota diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintah antara Pemerintah Pemerintahan Daerah Provinsi dan Pemerintahan Daerah Kabupaten Kota. Beberapa kewenangan yang diberikan kepada pemerintah daerah antara lain : penanaman modal, perindustrian serta perdagangan.

Dalam rangka memudahkan pelaksanaan urusan tersebut, pemerintah mengeluarkan Perpres Nomor 97 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang kemudian diperkuat dengan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, Permendagri nomor 25 tahun 2021 tentang DInas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha di Daerah.

Sehubung dengan pentingnya hal tersebut Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Pelatihan Teknis Pelayanan Terpadi Satu Pintu (PTSP) Tingkat Dasar Pola BIP Provinsi Jawa Tengah dengan Kab. Magelang yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 November sampai dengan 30 November 2022 dengan jumlah peserta 23 orang ASN di Lingkup DPMPTSP Kabupaten Magelang secara klasikal. Pelatihan diawali dengan pembukaan yang dilakukan secara Hybird di Lab Bahasa BPSDMD Provinsi Jawa Tengah dan Zoom Meeting.

Upacara Pembukaan dihadiri oleh Kepala Pusdiklat BKPM Ibu Afrida Wirjandini, S. Sos sekaligus membuka Pelatihan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Bidang Penanaman Modal Tingkat Dasar Bagi Aparatur DPMPTSP Kabupaten Magelang. Hadir dalam upacara pembukaan Kepala BPSDMD Provinsi Jawa Tengah yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris BPSDMD Andi Suryanto, S.STP, M.Si dan Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Teknis Sumarhendro, S.Sos, Kepala DPMPTSP Kab. Magelang yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Drs. Joko Sudibyo, M.T dan Kepala BKPPD yang dalam hal ini diwakili ibu Kepala Bidang Pengembangan Sumbar Daya Manusia Aparatur dr.RR. Sri Wahyuningsih.

Skip to content