Kepala BPSDMD Resmi Membuka Workshop Penguji Evaluasi Aktualisasi Latsar CPNS dan Pelatihan Struktural Kepemimpinan

Semarang – (11/10/2022) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Workshop bagi Calon Penguji Evaluasi Aktualisasi Latsar CPNS dan Pelatihan Struktural Kepemimpinan. Workhsop ini merupakan sebuah pertemuan di mana Bapak/Ibu akan terlibat dalam diskusi intensif dan aktivitas pada proses kegiatan menjadi penguji Latsar CPNS maupun Pelatihan Kepemimpinan Struktural. Hal ini karena masih banyaknya agenda kegiatan pelatihan dasar CPNS dan Pelatihan Kepemimpinan Struktural yang ada di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah baik dengan pola pembiayaan APBD atau kerjasama/kemitraan dari Instansi Pengirim. Workshop ini bermaksud memberikan tugas kepada Bapak/Ibu pejabat Struktural baik di Provinsi Jawa Tengah maupun Kabupaten/Kota yang telah memenuhi persyaratan untuk menjadi penguji dikarenakan adanya keterbatasan tenaga Widyaiswara yang ada di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah.

Materi workshop calon penguji akan diberikan dari Narasumber oleh Lembaga Aadministrasi Negara RI. Hal ini dimaksudkan peserta calon penguji mempunyai persepsi dan pemahaman yang sama dalam penyelenggaraan menguji seminar rancangan aktualisasi dan seminar laporan aktualisasi. Setelah mengikuti kegiatan ini, Calon Penguji yang telah memenuhi syarat kelulusan akan diberikan e-sertifikat sebagai tenaga penguji dan dimasukkan dalam database penguji di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah.

Workshop Calon Penguji Evaluasi Aktualisasi Latsar CPNS dan Pelatihan Struktural Kepemimpinan di selenggarakan secara virtual yang diikuti oleh 276 Calon Penguji berasal dari Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten/Kota yang telah memnuhi syarat. Hadir memberi sambutan sekaligus membuka acara secara resmi oleh Bapak Kepala BPSDMD Provinsi Jawa Tengah Drs. Mohamad Arief Irwanto, M.Si kemudian dilanjut overview dari Sekretaris BPSDMD Provinsi Jawa Tengah Andi Suryanto, S.STP, M.Si. Hadir sebagai Narasumber Siti Zakiyah, S.Si., MSE, MA Analis Kebijakan Ahli Madya selaku Koordinator Pengembangan Program CPNS dan Struktural – Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia memberikan materi Kebijakan Pengembangan SDM Pelatihan Struktural Kepemimpinan dan Dr.Tr. Erna Irawati S.Sos., M.Pol.Adm Kepala Pusat Pembinaan Program dan Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN – Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia memberikan materi Kebijakan Pengembangan SDM Pelatihan Dasar CPNS.

Dalam sambutannya, Kepala BPSDMD Provinsi Jawa Tengah Drs. Mohamad Arief Irwanto, M.Si bahwa, Bahwa pelatihan yang dilaksanakan dengan inovatif dan terintegrasi diharapkan menjadi ASN yang profesional dan berkarakter dalam melaksanakan tugas dan jabatannya sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik dan perekat pemersatu bangsa. Dimana arus globalisasi sudah tidak terbendung masuk ke Indonesia disertai dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan kini dunia memasuki era revolusi industry 4.0 yakni menekankan pada pola digital economy, artificial intellegence, big data, robotic dan lainnya. Meningkatkan tantangan tersebut kita perlu meningkatkan daya saing baik nasional maupun regional, maka diperlukan desain ASN yang mempunyai kemampuan adaptif, dinamis, fleksibel dan responsif.  

Skip to content