Upacara Penutupan Pelatihan Dasar Polisi Pamong Praja Oleh 30 Peserta

Semarang – (11/08/2022) Satuan Polisi Pamong Praja yang selanjutnya disingkat Satpol PP merupakan salah satu perangkat yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah dalam menjaga ketentraman dan ketertiban umum serta menegakkan Peraturan Daerah. Organisasi dan Tata Kerja Satpol PP ditetapkan dengan peraturan Daerah, dan dapat berkedudukan di Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Pelatihan Dasar Satuan Polisi Pamong Praja Bagi PNS Yang Diangkat Dalam Formasi Jabatan Fungsional Kategori Keahlian dan Keterampilan dimaksudkan agar peserta mampu melakukan kegiatan pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku Polisi Pamong Praja. Tujuan adalah setelah mengikuti pelatihan ini peserta mampu melakukan meningkatkan profesionalisme polisi pamong praja dalam malaksanakan tugas penegakkan peraturan daerah, penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat. Pelatihan Dasar Satuan Polisi Pamong Praja Bagi PNS Yang Diangkat Dalam Formasi Jabatan Fungsional Kategori Keahlian dan Keterampilan terdiri dari 115 jam pelajaran (JP) dan telah dilaksanakan dengan metode Blended Learning yang dilaksanakan selama 12 hari kerja. Upacara penutupan dilaksanakan secara klasikal atau tatap muka di gedung Aula Muria BPSDMD Provinsi Jawa Tengah, upacara dihadiri secara langsung oleh Kepala BPSDMD Provinsi Jawa Tengah dalam hal ini diwakilkan oleh Sekretaris BPSDMD Provinsi Jawa Tengah Andi Suryanto, S.STP, M.Si dan Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Fungsional dan Teknis BPSDM Kemendagri Drs. Dian Permana, M.Si serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala BPSDMD Provinsi Jawa Tengah yang di sampaikan oleh Sekretarisnya Andi Suryanto, S.STP, M.Si menyampaikan bahwa Anggota Satpol PP sebagai aparatur Pemerintah Daerah diharapkan memiliki kemampuan yang handal, mandiri dan Profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya, yaitu dalam menegakan Perda serta produk hukum lainnya, ketertiban umum dan ketentraman serta perlindungan masyarakat. Beliau juga menekankan bahwa Satpol PP harus bisa menjadi pengayom, pelindung dan penyelenggara ketertiban umum dan menciptakan ketentraman masyarakat.

Diakhir sambutannya beliau menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada para pengajar yang penuh dedikasi telah membimbing dan memberi petunjuk secara baik dalam pelatihan ini.

Skip to content