KPK berikan Apresiasi kepada BPSDMD Jateng : Mitra Strategis LSP KPK 2021

BPSDMD Provinsi Jawa Tengah sebagai salah satu mitra strategis LSP KPK menerima Apresiasi Mitra Strategis LSP KPK Tahun 2021 yang diterima oleh Kepala BPSDMD Jateng – Drs. M. Arief Irwanto, M.Si pada hari Selasa 14 Desember 2021 di Gedung KPK C-1 ACLC KPK dan Zoom Meeting.

Penghargaan yang diberikan oleh LSP KPK diberikan dalam rangka Pembukaan Temu Aksi Penyuluh Anti Korupsi dan Ahli Pembangunan Integritas (TAPAKSIAPI) Tahun 2021.

Dalam kesempatan tersebut, salah satu Pimpinan KPK, Dr. Nurul Ghufron, SH., MH menyatakan bahwa kegiatan antikorupsi tidak hanya bisa dilakukan oleh 1 lembaga, namun KPK ingin menggandeng semua elemen bangsa, mengembangkan jaringan, menyiapkan penyuluh-penyuluh, serta menggandeng tokoh masyarakat untuk memberantas korupsi. Selanjutnya disampaikan bahwa upaya pemberantasan korupsi tidak hanya cukup dengan penangkapan koruptor, namun perlu diiringi dengan upaya pencegahan. Kedepannya, penanaman nilai antikorupsi akan dimulai dari sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan. Semangat antikorupsi juga akan mulai diterapkan dalam seleksi penerimaan ASN sampai pada proses seleksi kenaikan jabatan.

Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK – Dr. Ir. Wawan Wardiana, M.T dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada mitra stategis yang telah bekerja sama dalam kegiatan sertifikasi antikorupsi tahun 2021. Sampai tahun 2021, tercatat 2041 orang penyuluh antikorupsi bersertifikat serta 228 orang ahli pembangun integritas bersertifikat yang tersebar di 34 provinsi. Kepada para Penyuluh Antikorupsi, Bapak Wawan berpesan untuk selalu meningkatkan kreativitasnya dalam menyusun media penyebaran informasi tentang antikorupsi, serta aktif dalam forum komunikasi dan komunitas antikorupsi.

TAPAKSIAPI Tahun 2021 diselenggarakan selama 3 hari, 14-16 Desember 2021 secara hybrid. Selain penyampaian Apresiasi Mitra Strategis LSP KPK Tahun 2021, pada kesempatan ini LSP KPK juga menyampaikan penghargaan kepada Penyuluh Antikorupsi Inspiratif 2021, Ahli Pembangunan Integritas Inspiratif 2021, Forum PAKSI-API Inspiratif 2021, dan Komunitas PKASI-API Inspiratif 2021.