9 kabupaten/kota Raih Penghargaan BPSDMD AWARD 2021

Setelah melalui proses sejak bulan Oktober, Kegiatan Evaluasi Pengembangan Kompetensi yang dilaksanakan oleh BPSDMD Jateng telah memasuki puncaknya dengan digelarnya Penganugerahan BPSDMD AWARD 2021 yang diselengarakan pada hari Selasa 7 Desember 2021 bertempat di Balai Sasana Widya Praja dengan protokol kesehatan yang ketat dengan menghadirkan perwakilian seluruh BKD / BKPP / BPSDM kabupaten/kota se Jawa Tengah.

Hasil dari monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan melalui 5 tahapan diperoleh hasil 9 lembaga penyelenggara pengembangan kompetensi di kabupaten/kota di Jawa Tengah memperoleh penghargaan BPSDMD AWARD 2021 yang bertemakan “Pengembangan Kompetensi yang Adaptif, Progresif dan Inovatif untuk Menyiapkan ASN BerAKHLAK”.

Ditetapkan 5 terbaik yaitu :

  • Peringkat 1 – BKPPD Kab. CIlacap
  • Peringkat 2 – BKPP Kab. Demak
  • Peringkat 3 – BKD Kab. Purworejo
  • Peringkat 4 – BKPP Kota Semarang
  • Peringkat 5 – BKPPD Kab. Grobogan

Diberikan pula Penghargaan Tematik kepada :

  • Penghargaan bagi Kabupaten / Kota yang Adaptif : BKD Kabupaten Banjarnegara & BKPSDM Kab. Karanganyar
  • Penghargaan bagi Kabupaten / Kota yang Progresif : Kab. Kendal
  • Penghargaan bagi Kabupaten / Kota yang inovatif : Kota Surakarta

Para peraih penghargaan diberikan plakat dan piagam penghargaan yang ditandatangani dan diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah – Sumarno, SE, MM

Adapun tahapan BPSDMD AWARD 2021 adalah sebagai berikut :

Pendaftaran

Pengisian Self Assesment Questionary (SAQ) & Data Dukung

Penilaian SAQ & Data Dukung

Verifikasi dan Visitasi

Presentasi Uji Publik

Kegiatan puncak BPSDMD AWARD 2021 ditutup dengan kegiatan Diskusi Interaktif : yang bertemakan Membangun Society 5.0 di Birokrasi Melalui Pengembangan Kompetensi, dengan menghadirkan narasumber sebagai berikut :

  1. ASN berAKHLAK sebagai Fondasi Melayani Bangsa – Dr. Muhammad Taufiq, DEA (Deputi Bidang Kebijakan Bangkom ASN LAN RI)
  2. Pendekatan Pengembangan Kompetensi Birokrasi untuk Menyiapkan Society 5.0 – Dr. Drs. Hardi Warsono, MTP   (Dekan FISIP UNDIP)
  3. Implementasi Keterbukaan Pelayanan Publik Melalui Digitalisasi Manajemen ASN – Sosiawan (Ketua KIP Jateng)
  4. Strategi Pembangunan SMART ASN di Jawa Tengah – Rr. Utami Rahajeng, SH, MM (Kabid Informasi Kepegawaian BKD Prov. Jateng)