BPSDMD Sukses Selenggarakan Uji Coba Pertama MOOC Jateng

Semarang – Tatanan hidup baru dengan adanya pandemi Covid-19 saat ini memberikan tantangan tersendiri di berbagai bidang kehidupan. Salah satunya kegiatan pelatihan atau Latsar di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah yang harus beradaptasi sehingga dilakukan secara daring. Pengembangan media pembelajaran di BPSDMD Jateng saat ini terus dilakukan, termasuk salah satunya dengan adanya pengembangan MOOC (Massive Open Online Courses) di Jawa Tengah.

Pengembangan MOOC yang dilakukan oleh BPSDMD Jateng bersama dengan Tim PLP UNNES ini telah mencapai tahap uji coba sistem. Uji coba MOOC Jateng pertamakali telah dilaksanakan di ruang laboratorium komputer BPSDMD Provinsi Jawa Tengah pada Selasa (14/9/2021). Uji coba ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari pejabat struktural, widyaiswara, pelaksana teknis penyelenggara pelatihan, tim PPID dan tim dari perwakilan bidang di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah.

Uji coba MOOC yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 s/d 10.00 WIB ini dibuka secara resmi oleh Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Budi Santoso, S.STP. yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan mengenai cara penggunaan MOOC oleh Tim PLP UNNES. Selanjutnya peserta uji coba MOOC langsung praktik melakukan registrasi mandiri dan mengikuti kegiatan pelatihan pelayanan publik yang merupakan mata pelatihan uji coba MOOC yang pertama.

”Menurut Saya MOOC ini sangat mudah digunakan dan sangat membantu kita dalam pengembangan kompetensi tanpa waktu dan ruang” ujar Ibu Zaroh Lailatul Chanifah, salah satu peserta uji coba MOOC Jateng pada hari ini. Kegiatan uji coba MOOC ini berlangsung dengan lancar meski terdapat kendala di jaringan internet pada komputer, namun dapat teratasi karena MOOC juga dapat diakses melaluismartphone masing-masing peserta.