Pelatihan Pemberdayaan Petani dalam Menghadapi Perubahan Iklim Diikuti 30 ASN Dinas Pertanian Se-Jateng

Semarang – Perubahan iklim yang terjadi pada saat ini berdampak pada komoditas pertanian di Indonesia khususnya di Jawa Tengah. Untuk mengatasi perubahan iklim ini BPSDMD Provinsi Jateng mengadakan pelatihan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim terhadap komoditas pertanian bagi penyuluh pertanian tahun 2021.

Pelatihan mitigasi yang sudah berjalan sejak 24 agustus 2021 ini sudah masuk hari ketujuh pada hari ini Rabu (1/9/2021). Pelatihan ini mengusung materi pemberdayaan petani dalam menghadapi perubahan iklim dan dilanjutkan dengan penjelasan penyusunan rencana aksi.

Pelatihan yang dilaksanakaan mulai dari pukul 08.00 sampai 15.00 WIB ini menghadirkan dua narasumber yaitu Bapak Ir. Maryoto dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah dan Ibu Ir. Wardi Astuti dari Widyaiswara BPSDMD Provinsi Jawa Tengah. Pelatihan yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting ini diikuti oleh 30 ASN Dinas Pertanian dari perwakilan kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah.

Peserta pelatihan hari ketujuh ini sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini dibuktikan dengan keaktifan dalam bertanya dan berdiskusi dengan narasumber maupun dengan sesama peserta. Pelatihan diakhiri dengan penjelasan penyusunan Rencana Aksi oleh Ibu Ir. Wardi Astuti dan dilanjut dengan pengerjaan kuis di SIP TENAN