ASN Peserta Pelatihan Teknik Budidaya Pertanian Dituntut Kreatif dalam Strategi Mengatasi Dampak Perubahan Iklim

Semarang – Pelatihan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim terhadap komoditas pertanian bagi penyuluh pertanian tahun 2021 telah memasuki hari ke 5. Pelatihan yang diadakan oleh BPSDMD Provinsi Jateng sejak 24 Agustus 2021 ini terus berupaya memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada para peserta yang merupakan penyuluh pertanian.

Peserta pelatihan yang terdiri dari 30 ASN Dinas Pertanian dari perwakilan kabupaten/kota di Jawa Tengah ini sangat antusias mengikuti jalannya pelatihan yang mengusung materi teknik budidaya pertanian dalam menghadapi berbagai macam kondisi iklim dan bentuk layanan informasi ini meskipun dilasanakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Senin (30/8/2021).

Materi pertama mengenai teknik budidaya pertanian dalam menghadapi berbagai macam kondisi iklim disampaikan oleh Bapak Dr. Ir. Kristiyo, M.Sc dan Ir. Wardi Astuti, M.Pd., sedangkan untuk materi kedua mengenai bentuk layanan informasi disampaikan oleh Bapak Iswahyudi, SP, MP. Pemateri yang semuanya berasal dari Widyaiswara BPSDMD Provinsi Jateng ini telah menyampaikan materi dengan baik dan tidak membosankan.

“Dalam budidaya pertanian ini kita perlu mempunyai strategi kita dalam perubahan iklim, saat musim hujan membuat tampungan untuk air hujan, agar saat musim kemarau bisa digunakan. Semua dampak dari perubahan iklim bisa diatasi sekreatif kita.” Ujar Bapak Kristiyo. Peserta pelatihan sebagai penyuluh pertanian dihimbau agar mempunyai strategi sekreatif mungkin dalam mengatasi dampak perubahan iklim.