30 ASN Ikuti Pelatihan Pemanfaatan Informasi Prakiraan Iklim untuk Pemilihan Pola Tanam dan Perencana Dampak Fenomena Iklim

Semarang – Penyuluh Pertanian se-Jawa Tengah melalui kegiatan pelatihan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim terhadap komoditas pertanian bagi penyuluh pertanian tahun 2021 telah melakukan pelatihan hari ke-4 dengan mata pelatihan Pemanfaatan Informasi prakiraan iklim untuk pemilihan pola tanam dan perencana dampak fenomena iklim.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh BPSDMD Provinsi Jawa Tengah diikuti oleh 30 peserta dari Dinas Pertanian Se-Jateng pada Jumat (27/08/2021). Pelatihan ini memberikan edukasi tentang pengaruh iklim terhadap pola tanam. Pelatihan yang dilakukan virtual dengan konsep tatanan baru di Zoom Meeting.

Ir. Daniar Tri Wulandari dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah sebagai widyaiswara pada materi kali ini membuat peserta antusias mengikut pelatihan dengan memberikan solusi penanganan dampak pada perubahan iklim.

“Adanya program pemerintah Model IP 400 untuk meningkatkan produksi dan mengoptimalkan panen harus dikawal lebih ketat supaya tidak kena serangan OPT (Organisme Pengganggu Tumbuhan) yaitu dengan cara pengamatan mingguan tidak boleh ditinggalkan” ujar Ibu Ir. Daniar ketika tanya jawab dengan salah satu peserta pelatihan.

Pelaksanaan pelatihan berlangsung pada pukul 08.00 sampai 14.30 WIB dengan 6 Jam Pelajaran. Pelatihan diakhiri dengan kuis yang harus diselesaikan oleh semua peserta pelatihan.