30 ASN Mengikuti Pelatihan Perubahan Iklim, Cuaca dan Perkiraan Musim Bagi Kegiatan Usaha Pertanian

Semarang – Perubahan Iklim, cuaca dan musim dapat mempengaruhi kegiatan usaha pertanian. Hal tersebut menjadi semangat dalam memberikan edukasi untuk memahami iklim, cuaca dan musim dalam bentuk pelatihan fungsional khususnya bagi penyuluh pertanian.

BPSDMD Provinsi Jawa Tengah telah sukses melaksanakan pelatihan fungsional dengan mata pelatihan Cuaca, Iklim dan Perubahan Musim pada Rabu (25/8/2021). Pelatihan ini merupakan bagian dari pelatihan Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim Terhadap Komoditas Pertanian Bagi Penyuluh Pertanian yang sedang berjalan pada hari ke-2 ini sejak 24 Agustus 2021.

Kegiatan pelatihan berlangsung pada pukul 08.00 sampai dengan 14.00 WIB. Pelatihan yang diikuti oleh 30 peserta dari Dinas Pertanian Se-Jawa Tengah ini menghadirkan pembicara yang menarik yaitu Bapak Sutardi, A.Pi, MMA selaku Widyaiswara di BPSDMD Provinsi Jateng. 

Materi yang disampaikan pada pelatihan fungsional ini adalah tentang ruang lingkup klimatologi pertanian, peluang dan perkiraan musim untuk pertanian, dan pengaruh iklim pada ekosistem serta pranata mangsa dan prakiraan musim.

“Bersyukurlah kita tinggal di Jawa Tengah yang memiliki sumber air yang kaya untuk membantu pelaksanaan pertanian,” ujar pak Sutardi. Menyebutkan bahwa Jawa tengah memiliki air yang melimpah dan memiliki sumber daya alam seperti buah, kopi dan bahan pangan yang melimpah. Pelatihan diakhiri dengan tanya jawab dan mengerjakan quiz di SIP TENAN yang harus dikerjakan oleh semua peserta pelatihan.

Skip to content