Sosialisasi Aplikasi SIP TENAN BPSDMD Jateng untuk CPNS Pemkab Purbalingga

Semarang – Akibat dari adanya pandemi Covid-19 yang belum mereda hingga saat ini, segala sesuatu yang dilaksanakan secara luring harus dilaksanakan secara daring. Seperti kegiatan Latsar CPNS yang terpaksa harus dilaksanakan secara daring. Di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah sendiri kegiatan Latsar CPNS dilakukan melalui SIP TENAN (Sistem Pengembangan Kompetensi Berbasis Elektronik).

Pada hari Senin, 16 Agustus 2021 pukul 13.00 WIB telah dilaksanakan sosialisasi aplikasi SIP TENAN BPSDMD Provinsi Jawa Tengah untuk CPNS Pemkab Purbalingga. Sosialisasi ini diikuti oleh sekitar 70 CPNS Pemkab Purbalingga angkatan 151 dan 152.

Sosialisasi dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting dengan pemateri pertama oleh Bapak Ismu Pandoyo, S.I.Kom mengenai pengenalan atau gambaran umum aplikasi SIP TENAN dan pemateri kedua oleh Bapak Donny Malik Kurniawan, S.Kom mengenai teknis penggunaan aplikasi SIP TENAN, bagaimana cara menggunakan, dan ketentuan dalam aplikasi SIP TENAN.

“Melalui sosialisasi ini diharapkan peserta wajib mendownload materi dan menguasai SIP TENAN, karena peserta yang telah mempelajari materi akan terlihat saat diklatsar dilaksanakan” ujar Bapak Ismu Pandoyo.

Pada materi kedua dipaparkan secara mendetail mengenai penggunaan SIP TENAN, mulai dari pembagian username dan password, cara masuk ke SIP TENAN melalaui website maupun aplikasi moodle, cara presensi, cara masuk ke kelas, cara mendownload materi, dan mengenai penugasan. Selan itu di dalam SIP TENAN juga terdapat video mengenai cara masuk ke SIP TENAN melalui website dan melalui moodle, sehingga peserta yang masih belum paham bisa mempelajari melalui video yang telah disediakan.