30 ASN Peserta Pelatihan Pemetaan Wilayah Pariwisata Perairan Siap Menerapkan Aplikasi ArcGIS

Semarang – Peningkatan kompetensi sumber daya manusia aparatur pemerintah di Provinsi Jateng salah satunya melalui pelatihan teknis terkait pengelolaan pariwisata di kawasan konversi perairan berbasis e-learning.

BPSDMD Provinsi Jateng telah melaksanakan pelatihan teknis dengan topik Pengelolaan Pariwisata Materi V pada Senin (16/8/2021). Pelatihan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pelatihan teknis pengelolaan pariwisata di kawasan konversi perairan berbasis e-learning yang sudah berjalan sejak  tanggal 9 sampai 30 Agustus 2021.

Kegiatan pelatihan teknis ini telah dilaksankan dari pukul 13.00 sampai dengan 16.00 WIB melalui platform Zoom Meeting. Diikuti oleh ASN yang terdiri dari 5 peserta dari Dinas Kelautan dan Perikanan Jateng, serta 25 peserta dari kabupaten kota.

Materi yang disampaikan pada pelatihan teknis ini adalah pemamparan pemetaan wilayah pariwisata perairan dengan menggunakan aplikasi ArcGIS. ArcGIS sendiri merupakan perangkat lunak yang terdiri dari produk perangkat lunak sistem informasi grafik (SIG). Materi tersebut telah disampaikan oleh M. Helmi dari Universitas Diponegoro.

Pelatihan ini diawali dengan kegiatan pemaparan materi dan praktik pembuatan Web Aplikasi SIG, serta kegiatan diskusi dan tanya jawab. Tujuan dilaksanakannya pelatihan ini adalah agar para ASN menguasai aplikasi ArcGIS dan berbagai aplikasi yang menunjang perkembangan teknologi SIG Modern.