Masa Pandemi Covid-19 : BPSDMD Prov. Jateng Selenggarakan Pelatihan Camat Terkait Adaptasi Kebiasaan Baru Tahun 2020

Semarang – BPSDMD Provinsi Jawa Tengah telah menyelenggarakan Pelatihan Camat Adaptasi Tatanan Kebiasaan Baru Tahun 2020 yang diikuti oleh 30 Camat dari kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah melalui virtual Zoom, Jumat (6/11/2020).

Untuk sesi pertama berupa penyampaian materi oleh Ibu Entin Sriani Muslim dari Konsultan Metodologi Pelatihan KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan) dengan materi Kolaborasi Kecamatan sebagai Strategi Pembangunan di Kecamatan pada Masa Adaptasi Kebiaasaan Baru. Kemudian, setelah sesi penyampaian materi dilanjut dengan sesi tanya jawab dengan peserta.

Untuk sesi kedua, materi yang dibahas mengenai Strategi dan Sinergitas dalam Penyelesaian Masalah Di Wilayah Kecamatan oleh  Drs. Sutarjo, MM. dari Widyaiswara BPSDMD Provinsi Jawa Tengah.

Terkait kendala dari pelatihan teknis ini adalah peserta mengalami kendala pada jaringan internet. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah kabupaten/kota bekerja sama dengan Kominfo daerah masing-masing untuk memberikan dukungan fasilitas IT. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan camat dapat mengimplementasikan materi yang telah diberikan di instansi masing-masing, serta dapat beradaptasi dengan tatanan kebiasaan baru di era pandemi Covid-19.