Diklat Tahun 2014

Daftar Program Diklat Tahun 2014 yang diselenggarakan oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Tengah :

A. Diklat Kepemimpinan

No.
Program Diklat
Jumlah Angkatan
Target Peserta Jadwal Pelaksanaan
1.
Diklatpim Tingkat II
 Angk.I  60 25 Maret s.d 16 Juli
    Angk.II 60 12 Agustus s.d 27 Nopember
2.
Diklatpim Tingkat III
 Angk.I (Prov.) 30 1 April s.d 4 Agustus
    Angk.II (Prov.) 30 10 Juli s.d 4 Nopember
    Angk.I (BIP) 30 1 April s.d 4 Agustus
    Angk.II (BIP) 30 10 April s.d 9 Agustus
    Angk. III (BIP) 30 21 Mei s.d 16 September
    Angk. IV (BIP) 30 21 Mei s.d 16 September
    Angk. V (BIP) 30 3 Juni s.d 26 September
    Angk. VI (BIP) 30 24 Juni s.d 17 Oktober
    Angk. VII (BIP) 30 10 Juli s.d 4 Nopember
    Angk. VIII (BIP) 30 18 Agustus s.d 4 Desember
3.
Diklatpim Tingkat IV
Angk. I (Prov.) 30  1 April s.d 6 Agustus
    Angk. II (Prov.) 30 21 Mei s.d 20 September
    Angk. III (Prov.) 30 3 Juni s.d 1 Oktober
    Angk. IV (Prov.) 30 10 Juli s.d 4 Nopember
    Angk. V (Prov.) 30 28 Agustus s.d 20 Desember
    Angk. I (BIP) 30 1 April s.d 6 Agustus
    Angk. II (BIP) 30 1 April s.d 6 Agustus
    Angk. III (BIP) 30 10 April s.d 14 Agustus
    Angk. IV (BIP) 30 21 Mei s.d 20 September
    Angk. V (BIP) 30 21 Mei s.d 20 September
    Angk. VI (BIP) 30 10 Juli s.d 4 Nopember
    Angk. VII (BIP) 30 10 Juli s.d 4 Nopember
    Angk. VIII (BIP) 30 15 Juli s.d 13 Nopember
    Angk. IX (BIP) 30 28 Agustus s.d 20 Desember
    Angk. X (BIP) 30 28 Agustus s.d 20 Desember
4.
Diklat Prajab Gol III
I & II 40  18 Pebruari s.d 13 Maret
    III & IV 40  4 Maret s.d 27 Maret
    V & VI 40  24 Maret s.d 17 April
    VII & VIII 40  22 April s.d 17 Mei
    IX & X 40  20 Mei s.d 14 Juni
 5.
Diklat Prajab Gol I & II
 I & II 40 11 Pebruari s.d 1 Maret
    III & IV 40  25 Pebruari s.d 15 Maret
    V & VI 40 19 Maret s.d 8 April
    VII & VIII 40  15 April s.d 6 Mei
    IX & X 40 12 Mei s.d 8 Juni
6.
Diklat Kepala Desa
 I 40 16 Januari s.d 29 Januari
    II 40 16 Januari s.d 29 Januari
 
JUMLAH
 39 1350  

================================================

B. Diklat Teknis

No.
Program Diklat Teknis
Jumlah Angkatan
Target Peserta Jadwal Pelaksanaan
1.
 Diklat Dasar Satuan Polisi Pamong Praja Pola 150 Jam  I 35 15 Januari s.d 14 Pebruari
2.
 DT. Bendahara Keuangan Daerah  I 35 22 Januari s.d 5 Pebruari
3.
 Diklat Dasar Satuan Polisi Pamong Praja Pola 150 Jam  I 35 22 Januari s.d 21 Pebruari
4.
DT. Renstra  I 35 3 Pebruari s.d 7 Pebruari
5.
 DT. Rekam Medik Kesehatan  I 35  10 Pebruari s.d 28 Pebruari
6.
 DT. Pengelolaan Keuangan Daerah  I 35  10 Pebruari s.d 21 Pebruari
7.
 DT. Renstra  II 35  24 Pebruari s.d 28 Pebruari
8.
DT. Penyehatan Lingkungan  I 35  4 Maret s.d 25 Maret
9.
DT. Peningkatan Kinerja Pelayanan Terpadu Pola Satu Pintu  I 35 5 Maret s.d 25 Maret
10.
DT. Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) I 35 18 Maret s.d 4 April
11.
 DT. Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) I 35  31 Maret s.d 17 April
12.
DT. Bendahara Keuangan  II 35 15 April s.d 29 April
13.
 DT. Manajemen Pemasaran Pariwisata I 35 21 April s.d 9 Mei
14.
 DT. Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kiesmavet)  I 35  22 April s.d 13 Mei
15. DT. Keprotokolan I 35 5 Mei s.d 9 Mei
16. DT. Electronic Procurement I 35 5 Mei s.d 9 Mei
17. DT. Budidaya Hortikultura Komoditas Export I 35 12 Mei s.d 6 Juni
18. DT. Pengelolaan Keuangan Daerah II 35 14 Mei s.d 27 Mei
19. DT. Pengembangan Teknologi Budidaya Perikanan I 35 19 Mei s.d 12 Juni
20. DT. Electronic Procurement II 35 2 Juni s.d 6 Juni
21. DT. Pengelolaan Budidaya Perikanan Kawasan Minopolitan I 35 3 Juni s.d 25 Juni
22. DT. Analisis Jabatan Tingkat Dasar I 35 5 Juni s.d 27 Juni
23. DT. Keprotokolan II 35 9 Juni s.d 13 Juni
24. DT. Budidaya Hutan Rakyat I 35 10 Juni s.d 1 Juli
25. DT. Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah I 35 7 Juli s.d 18 Juli
26. DT. Naskah Dinas I 35 7 Juli s.d 11 Juli
27. DT. Pengadaan Barang/Jasa  I 35 7 Juli s.d 11 Juli
28. DT. Pengadaan Barang/Jasa  II 35 7 Juli s.d 11 Juli
29. DT. Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah II 35 12 Agustus s.d 22 Agustus
30. DT. Pengembangan Hasil Hutan Bukan Kayu Unggulan I 35 12 Agustus s.d 29 Agustus
31. DT. Manajemen Pengelolaan Persampahan I 35 12 Agustus s.d 29 Agustus
32. DT. Analisis Jabatan Tingkat Dasar II 35 18 Agustus s.d 7 Mei
33. DT. Budidaya Perkebunan I 35 19 Agustus s.d 9 September
34. DT. Keur Master Daging I 35 1 September s.d 18 September
35. DT. Petugas Laboratorium Hiperkes I 35 1 September s.d 23 September
36. DT. Manajemen Perencanaan Penanganan Bencana Alam I 35 8 September s.d 30 September
37. DT. Perencanaan Pembangunan Daerah I 35 15 September s.d 19 September
38. DT. Perencanaan Pembangunan Daerah II 35 22 September s.d 26 September
39. DT. Manajemen Permukiman Transmigrasi I 35 22 September s.d 10 Oktober
40. DT. Pencatatan Sipil I 35 1 Oktober s.d 17 Oktober
41. DT. Pengairan Tingkat Lanjutan I 35 6 Oktober s.d 24 Oktober
42. DT. Administrasi Kepegawaian I 35 7 Oktober s.d 15 Oktober
43. DT. Administrasi Kepegawaian II 35 7 Oktober s.d 15 Oktober
44. DT. Pelayanan Pekerja Sosial I 35 13 Oktober s.d 4 Nopember
45. DT. Kewirausahaan Agribisnis bagi Petani I 35 21 Oktober s.d 11 Nopember
46. DT. Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Berbasis TI I 35 22 Oktober s.d 7 Nopember
47. DT. Kajian Lingkungan Hidup Strategis I 35 10 Nopember s.d 14 Nopember
48. DT. Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Perkantoran Berbasis TI II 35 10 Nopember s.d 28 Nopember
49. DT. Pengelolaan Pasar Tradisional I 35 17 Nopember s.d 5 Desember
50. DT. Kajian Lingkungan Hidup Strategis II 35 17 Nopember s.d 21 Nopember
51. DT. Kajian Lingkungan Hidup Strategis III 35 24 Nopember s.d 28 Nopember
52. DT. Pengarustamaan Gender I 30 18 Nopember s.d 26 Nopember
53. DT. Pengarustamaan Gender II 30 18 Nopember s.d 26 Nopember
54. DT. Rencana Tata Ruang Wilayah Kota I 35 24 Nopember s.d 28 Nopember
55. DT. Rencana Tata Ruang Wilayah Kota II 35 24 Nopember s.d 28 Nopember
 
JUMLAH
 55  1920  

==============================================

C. Diklat Fungsional

No.
Program Diklat Fungsional
Jumlah Angkatan
Target Peserta Jadwal Pelaksanaan
1.
DF. Training Officer Course  I 35 22 Januari s.d 7 Pebruari
2.
Diklat Pembentukan dalam Jabatan Fungsional Penyuluh Kesehatan Ahli I 30 4 Pebruari s.d 21 Pebruari
3.
DF. Kewirausahaan Agribisnis bagi Sumber Daya Manusia Aparatur I 35 11 Pebruari s.d 28 Pebruari
4.
Diklat Pembentukan dalam Jabatan Fungsional Perawat Jenjang Terampil I 30 18 Pebruari s.d 7 Maret
5.
DF. KSP/USP Koperasi KJKS/UJKS Koperasi I 35 4 Maret s.d 21 Maret
6.
 DF. Pengembangan Pupuk Organik bagi Penyuluh Pertanian  I 35 11 Maret s.d 28 Maret
7.
DF. Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) bagi Pengamat Hama Penyakit-Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan I 35 24 Maret s.d 11 April
8.
Diklat Jabatan Fungsional Petugas Epidomiolog I  35 7 April s.d 25 April
9. Diklat Jabatan Fungsional Pejabat Pengawas Urusan Pemerintah di Daerah (P2UPD) I 35 5 Mei s.d 23 Mei
10. DF. Manajemen Usaha Kecil Tingkat Dasar I 35 21 Mei s.d 13 Juni
11. Diklat Pembentukan dalam Jabatan Fungsional Petugas Administrasi Kesehatan I 30 4 Juni s.d 20 Juni
12. DF. SL-PTT Tanaman Padi bagi Penyuluh Pertanian I 35 11 Juni s.d 27 Juni
13. DF. Pengembangan Pupuk Organik bagi Penyuluh Pertanian II 35 5 Agustus s.d 22 Agustus
14. Diklat Pembentukan dalam Jabatan Fungsional Perawat Jenjang Terampil I 30 12 Agustus s.d 29 Agustus
15. DF. Tenaga Penggati untuk Usaha Kecil Skala Mikro I 35 20 Agustus s.d 5 September
16. Diklat Pembentukan dalam Jabatan Fungsional Penyuluh Kesehatan Ahli II 30 2 September s.d 19 September
17. DF. Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) bagi Pengamat Hama Penyakit-Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan II 35 9 September s.d 26 September
18. Diklat Pembentukan dalam Jabatan Fungsional Petugas Administrasi Kesehatan II 35 24 September s.d 10 Oktober
19. DF. SL-PPT Tanaman Padi bagi Penyuluh Pertanian I 35 1 Oktober s.d 10 Oktober
20. Diklat Jabatan Fungsional Petugas Epidomiolog Ahli I 30 13 Oktober s.d 31 Oktober
21. DF. Usaha Peternakan Terintegrasi bagi Penyuluh I 35 22 Oktober s.d 7 Nopember
22. Diklat Jabatan Fungsional Penyuluhan Kesehatan Berbasis Film I 30 3 Nopember s.d 21 Nopember
23. DF. Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah I 35 12 Nopember s.d 28 Nopember
24. Diklat Jabatan Fungsional Petugas Epidomiolog Ahli II 30 17 Nopember s.d 5 Desember
25. DF. Pengambilan Contoh Benih bagi Pengawas Benih Tanaman II 35 25 Nopember s.d 12 Desember
26. Diklat Pembentukan dalam Jabatan Fungsional Bidan Jenjang Ahli I 30 2 Desember s.d 19 Desember
 
 JUMLAH
 26  865  
 
========================

D. KEGIATAN BIDANG PENGEMBANGAN DAN PENGENDALIAN MUTU DIKLAT

No.
Jenis Kegiatan
Target
Pelaksanaan
1.
 Pemantauan dan Evaluasi Penyelenggaraan Diklat di Jateng  128 Dokumen Januari s.d Desember
2.
 Evaluasi Pra Diklat dan Pemantauan dan Evaluasi Penyelenggaraan Diklat Kab./Kota se-Jawa  35 Dokumen Januari s.d Nopember
3.
 Evaluasi Pasca Diklat bagi Alumni Diklat Bandiklat Prov. Jateng  12 Dokumen Maret s.d Nopember
4.
 Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) Berbasis Kompetensi  1 Dokumen(10 Jabfung Umum) Maret s.d Nopember
5.
 Pengembangan Materi dan Penyempurnaan Kurikulum, Silabi dan Modul Diklat  6 Kurikulum 36 Modul Februari s.d Nopember
6.
 Fasilitas Penyusunan Kurikulum dan Silabi Diklat Baru  4 Kurikulum Kab./Kota Maret s.d Juli
7. Penyusunan Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Diklat di Lingkungan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kab./Kota di Jawa Tengah 1 Dokumen Januari s.d Juni
8. Penyusunan SPM Badan Diklat 1 Dokumen Juli s.d Nopember
9. Penyusunan SOP Badan Diklat 1 Dokumen Mei s.d September
10. Lokakarya Best Practise Diklat Fungsional Berbasis Kompetensi 1 Dokumen Oktober
11. Temu Ilmiah bagi Pejabat Fungsional Widyaiswara 2 Orang WI Madya Februari s.d Oktober
12. Orasi Ilmiah bagi Pejabat Fungsional Widyaiswara 1 Orang WI Madya Januari s.d Juni