Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /home/bpsdmdjateng/public_html/v1/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

Seminar Nasional Widyaiswara Tahun 2017

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional Widyaiswara, Selasa (23/5). Seminar tersebut dibuka langsung oleh Kepala BPSDMD Provinsi Jawa Tengah yang dihadiri oleh Kepala BPSDMD Provinsi Jawa Barat, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Provinsi Bali, Kepala Badan Diklat Provinsi Jawa Timur, Para Pembimbing, Moderator dan seluruh peserta Seminar Nasional Widyaiswara. Kegiatan Seminar Nasional Widyaiswara disampaikan secara langsung oleh Sdr. Iswahyudi, SP, MP dan Sdri. Kristiana Widiawati, S.Pi, MT selaku Widyaiswara Penyaji.

Adapun latar belakang kegiatan Seminar tersebut yaitu Dewasa ini paradigma baru pengembangan kompetensi telah diusung secara normatif dan menjadi spririt baru dalam meningkatkan kapasitas SDM ASN. Berdasarkan UU nomor 5 th 2014 jo PP nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS disebutkan adanya varian pengembangan kompetensi klasikal dan non klasikal termasuk didalamnya adalah seminar. Varian pengembangan kompetensi non klasikal nampaknya kedepan akan menjadi alternatif prospektif karena keterbatasan anggaran didaerah sebagaimana hasil Rakornas di Manado (18-20 Mei 2017).

Widyaiswara sebagai tenaga pendidik memiliki peran dan fungsi yang sangat menentukan kualitas setiap kegiatan pengembangan kompetensi. Dengan kata lain widyaiswara memiliki peran sangat penting dalam mewujudkan kualitas pengembangan kompetensi. Selain itu, widyaiswara juga harus memiliki kompetensi untuk mengembangkan pengetahuan melalui aktifitas penulisan makalah, karya tulis ilmiah maupun analisis kasus. Untuk itu Widyaiswara harus terus mengikuti perkembangan kebijakan publik, interaksi antar aktor pemerintah, serta hubungan lintas pemangku kepentingan (stakeholders) dalam sistem tata kelola pemerintahan.

Harapan dari kegiatan Seminar tersebut adalah makalah yang disusun oleh Sdr. Iswahyudi, SP, MP dan Sdri. Kristiana Widiawati, S.Pi, MT dengan tema Pelayanan Publik diharapkan mampu mengembangkan  kreasi  dan  inovasi  substansi  program/ kegiatan  yang  benar- benar  menyelesaikan  masalah  serta  menyentuh  langsung  pencapaian kesejahteraan   masyarakat. 

Materi dapat diakses disini