Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /home/bpsdmdjateng/public_html/v1/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara (BKN) Yogyakarta sebagai Lokasi Studi Lapangan Pelatihan Dasar CPNS Gol. III Angkatan VIII

Semarang -  Studi lapangan bagi Pelatihan Dasar CPNS Gol. III Angkatan VIII BPSDMD Provinsi Jawa Tengah telah mengambil lokasi di Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara (BKN) Yogyakarta. Rombongan BPSDMD secara hangat diterima oleh Kabag TU Kantor Regional I BKN Yogjakarta – Drs. Slamet Wiyono, MM bertempat di ruang pertemuan. Kegiatan studi lapangan diikuti 38 orang yang merupakan peserta pelatihan latsar, serta pendamping dari BPSDMD yang dipimpin oleh Kasubbid Pengembangan Kompetensi Pimpinan Perangkat Daerah - Ari Dhamayanti, M.Psi, selain itu, para peserta juga didampingi Widyaiswara DR. Ir. Nugroho In Saputro, MM sebagai Coach dan Siti Aminah Zuhriah, S.Sos, MM serta Tim dari Bidang IV BPSDMD Provinsi Jawa Tengah. Perwakilan dari BPSDMD Provinsi Jawa Tengah yaitu Widyaiswara Utama DR. Ir. Nugroho In Saputro, MM menjelaskan maksud dan tujuan pelakanaan Visitasi. Acara kemudian dilanjutkan dengan Paparan dari Narasumber disampaikan oleh Bapak Drs. Slamet Wiyono, MM dengan materi Manajemen ASN.

 

Paparan oleh Bapak Drs Slamet Wiyono, MM menjelaskan tentang pengelolaan manajemen ASN terutama dengan terbitnya PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil sebagai peraturan pelaksana UU Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara yang diharapkan mampu memperbaiki manajemen pemerintahan, yang berorientasi pada pelayanan publik serta menempatkan ASN sebagai sebuah profesi yang bebas dari intervensi politik dan  akan menerapkan sistem karier terbuka yang mengutamakan  prinsip profesionalisme, yang memiliki kompetensi, kualifikasi, kinerja, transparansi, objektivitas, serta bebas dari intervensi politik dan KKN yang berbasis pada manajemen sumber daya manusia  dan mengedepankan sistem merit menuju terwujudnya birokrasi pemerintahan yang profesional.

Setelah paparan selesai peserta diajak berkeliling untuk menggali informasi yang ada di Kantor Regional I BKN Jogjakarta seperti ruang pelayanan satu pintu yang mengurusi persyaratan administrasi untuk kenaikan pangkat, mutasi kepegawaian dll serta adanya Civil Service Assesment Center yaitu proses sistematis untuk menilai ketrampilan, pengetahuan dan kemampuan individu dan menganalisa keberhasilan kinerja yang unggul. Manfaat assesment center yaitu pegawai dapat mengetahui kebutuhan pengembangan dirinya sehingga dapat bekerja pada posisi atau tempat yang sesuai dengan kompetensinya. Ada juga Computer Assisted Test (CAT) yaitu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar dengan maksud dan tujuan untuk mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian. Layanan CAT yang dikelola oleh Kantor Regional I BKN Yogyakarta meliputi Tes Seleksi CPNS, Mutasi dan Promosi Pegawai, Pemetaan Potensi Pegawai, Penyesuain Golongan, Penyesuaian Ijasah, Ujian Kedinasan dan Penerimaan Mahasiswa Ikatan Dinas. Peserta Pelatihan Dasar CPNS Gol. III angkatan VIII selanjutnya diminta untuk membuat laporan atas pelaksanaan visitasi tersebut sebagai bagian dari tugas pembelajaran.