Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /home/bpsdmdjateng/public_html/v1/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

BPSDMD gelar Simulasi Bencana : Pengetahuan dan Kesadaran Mengenai Kesiapsiagaan Menjadi Kunci Penting Menghadapi Bencana

Semarang. Kurang lebih 100 pegawai dilingkungan BPSDMD Provinsi Jawa Tengah menggelar simulasi bencana di kompleks Kampus Widya Praja Jl. Setiabudi 201 A Semarang pagi ini, Rabu 26 April 2017. Pegawai tiba-tiba berhamburan keluar ruangan masing-masing melalui jalur evakuasi yang telah terpasang dan berkumpul titik kumpul di halaman apel Gedung Graha Widya Praja.

Salah satu tamu yang sedang berkunjung di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah yang turut menyaksikan gelaran simulasi mengatakan bahwa kegiatan simulasi bencana ini memberikan manfaat bagi semua pihak agar bisa mengetahui cara mitigasi bencana dan evakuasi yang sesuai standar. “Saya kini bisa tahu gambaran bila terjadi bencana, apa saja yang harus dilakukan,” katanya.

Sekretaris BPSDMD Provinsi Jawa Tengah – Drs. Budi Santoso, MM yang mewakili Kepala BPSDMD memimpin kegiatan simulasi tersebut menyampaikan harapannya bahwa kegiatan simulasi dapat memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman yang cukup bagaimana cara menyelamatkan diri saat terjadi bencana. Menurutnya, kegiatan ini dilakukan tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan siap siaga bencana yang sulit diprediksi. Diharapkan dengan cara seperti ini pada saat musibah terjadi musibah akan dapat diatasi dengan cepat. Menurutnya, paradigma masyarakat mengenai bencana perlu diubah dari semula responsif menuju paradigma pengurangan resiko bencana. Hal ini cukup beralasan mengingat pengurangan resiko bencana mengarah pada upaya preventif sedangkan tanggap darurat dilakukan setelah bencana terjadi.

Sementara Kasubag Umum dan Kepegawaian – M. Faizin, S.Sos, MM mengatakan, bahwa langkah pencegahan dalam bentuk simulasi merupakan sebuah kebutuhan untuk meminimalisir jatuhnya korban. Pengetahuan dan kesadaran masyarakat mengenai kesiapsiagaan menjadi kunci penting menghadapi bencana yang bisa datang secara tiba-tiba. Kegiatan simulasi ini merupakan arahan dari BPPB bahwa pencanangan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN 2017) diperingati dengan simulasi bencana serentak di seluruh Indonesia. Dikatakannya, HKBN diperingati bertujuan untuk membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana.