Kode Etik Pelayanan

KODE  ETIK  PELAYANAN

BPSDMD PROVINSI JAWA TENGAH

Kewajiban Petugas Pelayanan:

  1. pelayanan dengan sebaik-baiknya kepada pemohon informasi;
  2. perbuatan atau tindakan   yang  dapat berakibat menghalangi atau mempersulit salah satupihak  yang  dilayani;
  3. dan bertingkah laku sopan santun terhadap pemohon informasi, namuntegas, responsif, transparan, dan professional sesuai ketentuan  yang berlaku;
  4. kegiatan pelayanan sesuai dengan penugasan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  5. pertanggungjawaban atas pelaksanaan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  6. dalam memenuhi informasi  yang dibutuhkan pemohon informasi;
  7. pelayanan sesuaidengan prosedur yang berlaku;
  8. pelayanan yang  berkualitas sesuai dengan asas penyelenggaraan pelayanan publik;
  9. pelayanan sesuai dengan standard  pelayanan;
  10. masyarakat dalam memahami hak dan tanggungjawabnya sebagai penerima pelayanan publik;
  11. dengan penyelenggaraan pelayanan publik;

Larangan Petugas Pelayanan :

  1. tindakan yang dapat mengakibatkan kerugian bagi lembaga maupun pemohon informasi;
  2. kewenangan untuk melakukan tindakan yang memihak atau bersikap diskriminatif dan pilih kasih  (favoritisme)  kepada kelompok tertentu/ perorangan;
  3. pungutan tidak sah seperti meminta dan/atau menerima pembayaran tidak resmi atau pembayaran di luar ketentuan yang berlaku dalam bentuk apapun dan sejenisnya yang terkait dengan pelayanan informasi;
  4. informasi atau dokumen yang wajib dirahasiakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  5. atau merusak asset Negara atau dokumen milik negara/organisasi yang berhubungandengan pelayanan publik